Mengupas Pengertian Firewall (Tembok Penahan Api)

- Juli 30, 2018
advertise here
Di era internet yang saat ini kian canggih, maka setiap komputer bisa terhubung dengan komputer yang lainnya dengan mudah. Dalam proses pertukaran dokumen atau file juga kian tanpa ada batasnya lagi, yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Tentunya, dengan hal demikian, mampu memberikan manfaat atau dampak positif. Tidak hanya bermanfaat, melainkan juga ada dampak negatifnya juga yang berbahaya.

Hal positif yang didapat, pengguna bisa jauh lebih mudah dalam berbagi berbagai macam dokumen yang dibutuhkan. Untuk dampak negatif, tak semua orang berbagi dokumen atau file dengan tujuan atau niatan yang baik.

Ada juga beberapa orang yang berusaha untuk mencoba menyerang komputer sebagai hacker, memata-matai atau spionase komputer tertentu, hanya untuk kepentingan pribadi saja, atau malah bahkan mencuri data yang ada di dalam suatu komputer.

Nah, untuk mencegah akan datangnya dampak negatif tersebut, maka dibutuhkanlah adanya firewall, yang bertugas dalam mengatur sistem komunikasi antara 2 buah jaringan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai pengertian firewall lebih dalam!

Pengertian Firewall 

Pengertian Firewall

Firewall adalah sistem yang dirancang sedemikian rupa untuk mencegah berbagai macam akses yang mencurigakan masuk ke dalam jaringan pribadi. Sementara itu, firewall bisa berupa perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software), atau bahkan terdiri atas keduanya.

Firewall atau dalam bahasa Indonesia tembok penahan api, terinspirasi dari benda fisik yang bernama firewall yang dipasang pada gedung untuk mencegah api yang menjalar dari sumber api tersebut. Firewall pada gedung banyak dipasang, misal di kompleks apartemen.

Untuk bisa memisahkan sebanyak 2 unit apartemen, maka dipasang suatu firewall, sehingga apabila nantinya terjadi kebakaran, tak dengan cepat menjalar dari unit yang satu ke unit yang lain.

Karena memang firewall memiliki fungsi untuk pembatas dengan dunia luar, maka untuk 1 unit apartemen yang mempunyai misal 4 sisi, harus memasang sebanyak 4 firewall juga di 4 titik perbatasan.

Apabila salah satu sisinya tak dibatasi dengan firewall, sementara ketiga sisi yang lain dipasang oleh firewall, maka akan tetap sia-sia untuk menahan api, karena api bisa tetap dengan mudah menjalar atau menyebar dengan cepat. Sama halnya dengan firewall yang ada di komputer.

Agar bisa berfungsi dengan efektif dan sebagaimana mestinya, suatu firewall wajib memenuhi standar tertentu, mampu mendirikan suatu "pagar pengaman" yang ada di sekeliling suatu jaringan pribadi, dengan cara melakukan pencegahan akses tanpa izin dan berbagai macam gangguan terhadap dokumen atau file yang ada di komputer pengguna.

Di pasaran, ada begitu banyak produk firewall yang ditawarkan dengan berbagai fungsi yang bervariasi.

Sementara itu, perbedaan firewall yang satu dengan firewall yang lain biasanya terletak di seberapa ketat pengamanan yang diberikan dan selektivitas akses, serta cakupan perlindungan terhadap berbagai lapisan OSI.

Pass, Drop, Reject dan Log pada Firewall

Firewall

Tembok api bekerja dengan cara melacak dan mengendalikan jalannya data, serta memutuskan aksi dalam :
  • Melewatkan (pass)
  • Menjatuhkan (drop)
  • Menolak (reject)
  • Meng-enkripsi atau mencatat aktivitas (log) data

Firewall menjamin agar data sesuai dengan aturan yang ada di dalam kebijakan keamanannya atau security policy, yakni seperangkat aturan yang sudah didefinisikan dalam keamanan jaringan internal.

Pada umumnya, sebuah tembok api diterapkan pada suatu mesin terdedikasi yang berjalan di pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan internet.

Sementara itu, untuk saat ini, istilah firewall menjadi istilah yang lazim, merujuk terhadap sistem yang mengatur komunikasi antar 2 jaringan yang berbeda.

Mengingat saat ini ada banyak perusahaan yang mempunyai akses ke internet dan tentu saja jaringan berbadan hukum yang ada di dalamnya, maka perlindungan terhadap perangkat digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, mata-mata, atau pencuri data yang lainnya, menjadi sebuah kenyataan.

Materi Firewall

Materi Selanjutnya Fungsi Firewall yang Berguna di Suatu Jaringan
Materi Lengkap Pembahasan Firewall (Dari Awal Hingga Akhir)
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search