Berani Diadu! Ini 12 Kelebihan Xiaomi Dibanding HP Lain

- Juli 07, 2018
advertise here
Xiaomi menjadi vendor smartphone yang berasal dari Negeri Tirai Bambu (Cina), di mana kebanyakan produknya sudah merambah luas di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia yang juga memiliki banyak peminat.

Membahas akan konsumen yang banyak meminati merk smartphone yang satu ini, cukup terlihat ada beberapa alasan mencolok, sehingga Xiaomi bisa dijadikan pilihan smartphone daripada merk yang lain.

Bisa dikatakan, walau sebagai pendatang baru di Indonesia yang belum lama ini, namun Xiaomi sendiri bisa dengan mudah menggaet para calon konsumen di Indonesia, atau bahkan merajai pangsa pasar smartphone di Indonesia.

Terbukti, kebanyakan konsumen lebih memilih Xiaomi, di mana mampu menjadi pesaing berat yang tak boleh dianggap remeh oleh vendor lain, baik itu Apple, Oppo, Sony, Vivo, atau bahkan Samsung.

Sementara itu, kemungkinan besar beberapa tahun ke depan, persaingan dari smartphone ini kian ketat dan membuat bingung vendor untuk memberi yang terbaik dari yang terbaik, sebagai salah satu bentuk yang paling unik dari yang lain.

Maka dari itu, vendor smartphone harus berpikir kritis atau bahkan memutar otak untuk memberikan dan mengaplikasikan ide terbaik di mana menjadi suatu kelebihan tersendiri pada smartphone, yang mana bisa dijadikan sebgauah keunggulan dalam memikat hati para calon konsumen mereka di berbagai belahan negara dunia.

Walau terbilang baru, ternyata beberapa orang di Indonesia lebih memilih Xiaomi ketimbang Samsung. Apa yang menjadikan alasan tersebut, sehingga Xiaomi bisa memikat hati para calon konsumen di Indonesia? Apa kelebihan Xiaomi dibanding HP lain?

Kelebihan Xiaomi Dibanding HP Lain

Kelebihan Xiaomi Dibanding HP Lain
Kelebihan Xiaomi Dibanding HP Lain, via dailysocial.id

1. Harga yang Berani

Alasan pertama mengapa konsumen lebih memilih Xiaomi dikarenakan masalah harga. Apabila Xiaomi dibandingkan dengan Samsung, sebagian besar orang akan memilih Xiaomi karena harganya yang terjangkau alias bersahabat di kantong.

Xiaomi memang terkenal menjadi vendor smartphone yang mampu memberikan smartphone mereka dengan harga-harga yang begitu terjangkau, harga yang miring, sangat berbeda dengan harga smartphone dari vendor-vendor smartphone yang lain di kelasnya.

Bisa kita lihat, untuk kelas low-end atau mid-range, kamu sudah bisa membeli HP Xiaomi dengan harga dibawah dari Rp 2 juta di mana spesifikasi atau fitur yang tersedia di dalamnya hampir mirip dengan smartphone kelas atas.

Tidak hanya itu saja, bahkan smartphone Xiaomi yang memiliki harga Rp 1 jutaan juga sudah bisa dibeli dengan spesifikasi yang mumpuni dan berani bersaing dengan merk smartphone lain yang ada di kelasnya.

2. Fitur-fitur yang Menakjubkan

Sementara itu, jika kita melihat Xiaomi secara lebih dalam, tersedia cukup banyak fitur yang menakjubkan dan bisa dijangkau oleh sebagian besar penggunanya, salah satu contohnya adalah fitur sidik jari (fingerprint).

Bahkan, mungkin hanya dengan berbekal uang sekitar Rp 1 jutaan saja, kalian sudah bisa memperoleh smartphone Xiaomi yang dibekali oleh fitur atau teknologi fingerprint, yang begitu membantu dalam segi keamanan dan privasi pengguna.

Salah satu contoh smartphone Rp 1 jutaan yang sudah memiliki fitur fingerprint ini pada Xiaomi Redmi 4X.

Tidak hanya itu saja, banyak juga layanan menarik seperti penggunaan dari Mi Remote, di mana dengan penggunaan Mi Remote ini memudahkan pengguna untuk me-remote beberapa perangkat elektronik terdekat dengan pengguna.

Misal, kegunaan Mi Remote, seperti :
  • AC (air conditioner)
  • LCD Proyektor
  • Televisi
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Masih belum selesai, Xiaomi juga memiliki cloud tersendiri, layaknya cloud milik Google (Google Cloud) dan cloud milik iPhone (iCloud).

Xiaomi memiliki Mi Cloud, yang bisa diakses kapan saja melalui browser, untuk fitur penyimpanan beberapa media yang kamu miliki di Xiaomi.

3. MIUI

Kelebihan smartphone Xiaomi yang tak mungkin dilupakan ialah dengan memiliki antarmuka pengguna (user interface) yang dinamakan dengan MIUI. MIUI inilah yang di dalamnya memiliki banyak fitur handal yang tidak dimiliki oleh smartphone merk lain.

Sementara itu, dari sekian banyaknya, salah satu OS MIUI ini mampu menyediakan cukup banyak tampilan, di mana bisa dipilih sesuai dengan selera oleh para penggunanya.

Susunan tampilan antarmuka pengguna (user interface) juga bisa diubah dan disesuaikan dengan mudah, hanya dengan mengunduh secara gratis di theme manager dan langsung bisa memasangnya di smartphone Xiaomi kalian.

Bahkan, lagi-lagi Xiaomi memiliki kelebihan yang lain, di mana kalian juga bisa membuat tema sendiri, dengan desain menarik, sesuai dengan keinginan kalian masing-masing, alias sesuai dengan selera.

4. Tidak Ketinggalan Update Berkala

Update secara Berkala
Update secara Berkala, via ebay.co.uk

Bagai para pengguna smartphone yang satu ini tentu tak lagi asing dengan yang namanya stable ROM dan dev ROM, di mana kedua ROM tersebut tak hentinya diberi update oleh pihak resmi atau pihak terkait secara berkala.

Tidak hanya itu saja, untuk pengguna smartphone Xiaomi yang masih dalam stable ROM, biasanya update akan dilakukan setiap minggu, untuk dev ROM tersendiri akan diberi secara bersama dalam 1 kali update yang akan datang dalam jangka waktu beberapa bulan tertentu.

Maka dari itu, dengan adanya layanan ROM tersebut, bug yang terdapat di smartphone Xiaomi bisa segera diatasi atau diperbaiki, sehingga bisa membuat performa smartphone berjalan dengan baik dan lancar.

5. Spesifikasi Mumpuni yang Berani Diadu

Kelebihan Xiaomi dibanding HP lain yang selanjutnya ini karena spesifikasi pada Xiaomi juga mumpuni, bahkan bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya dan berani untuk diadu dengan merk smartphone lain di kelasnya juga.

Sebagai salah satu contoh kecilnya saja, untuk HP Xiaomi yang memiliki kisaran harga Rp 1 jutaan, maka kita sebagai konsumen sudah mendapatkan spesifikasi mumpuni, seperti :
  • RAM paling tidak sudah 2GB
  • Kamera depan hingga 8MP
  • Kamera belakang hingga 13MP
  • Sistem operasi Android terbaru, seperti Android Lollipop, Marshmallow, atau bahkan Nougat
  • Sistem operasi milik Xiaomi (MIUI) yang senantiasa diperbaharui
  • Menggunakan teknologi atau layanan fingerprint (sidik jari)
  • Memiliki aplikasi Mi Remote untuk memudahkan pengguna mengakses perangkat elektronik
  • Beberapa diantaranya menggunakan processor Snapdragon
  • dan masih banyak lagi yang lain

Sementara itu, untuk smartphone Xiaomi kelas atas atau high-end, salah satu contohnya Xiaomi Mi A1, para penggunanya diberikan fitur kamera ganda, sehingga bisa membuat hasil foto jauh lebih bokeh! (Baca juga : Kamu Harus Tahu 6 Perbedaan Xiaomi Redmi dan Xiaomi Mi)

Fitur bokeh pada Xiaomi Mi A1 ini yang biasa kita temukan di kamera DSLR. Bahkan, smartphone dengan fitur tersebut, sudah bisa kamu dapatkan di bawah Rp 3 jutaan!

Biasanya, memang jika kebanyakan orang mencari smartphone itu berdasar dari kamera, RAM atau yang lainnya demi kebutuhan mereka sendiri untuk meng-eksis-kan diri di media sosial, hingga hanya semata-mata untuk gaming.

Biasanya, calon konsumen yang membutuhkan RAM tinggi ialah orang yang sibuk, di mana ingin menjajali semua aplikasi yang ada di perangkat android dan bisa untuk digunakan memainkan game-game berat, layaknya Arena of Valor, Mobile Legend, hingga PES 2018.

Sementara itu, bagi para pemilih smartphone yang mementingkan soal kamera, biasanya atau kebanyakan ialah para pembeli wanita, yang tak henti-hentinya eksplorasi diri dengan cara narsis melalui gadget mereka.

6. Desain yang Begitu Elegan

Desain keluaran dari Xiaomi memang saat ini sudah mengusung konsep yang begitu elegan, dengan memiliki arti berjiwa muda, kekinian, sehingga tak akan ketinggalan zaman, yang mana pangsa pasar terbesar adalah para kaum muda atau remaja.

Sebagai salah satu contohnya, saya yang memiliki smartphone Xiaomi Redmi 4X, desain yang diusung 85% hampir mirip dengan iPhone 6 saat membandingkan dengan HP teman saya. Wah, ini tentu sangat menarik dan keren!

Tidak hanya itu saja, desain yang diberikan oleh Xiaomi juga begitu stylish, sehingga mampu menyatu dengan mudah terhadap para konsumen, apalagi jika konsumen tersebut adalah kalangan dari remaja.

7. Tampilan yang Menyatu dan Enak Dilihat

Kesan pertama pada saat menggunakan smartphone asal Cina ini ialah tampilannya yang terlihat begitu menyatu, begitu sinkron dengan smartphone itu sendiri.

Icon yang dibuat pada smartphone tersebut terkesan simple alias sederhana, namun tak menghilangkan ciri khas-nya, sehingga icon tetap bisa menyatu dengan baik pada tampilan Xiaomi.

Wallpaper yang ada juga sudah disediakan oleh Xiaomi, di mana apabila kalian ingin, bisa melihat dan mencari banyak wallpaper berkualitas HD di Xiaomi, sehingga konsumen yang senang gonta-ganti wallpaper, bisa direkomendasikan smartphone ini untuk kalian.

8. Kerja Sama yang Baik = Hasil yang Maksimal

Kerja Sama antara Qualcomm dan Xiaomi
Kerja Sama antara Qualcomm dan Xiaomi, via hub.91mobiles.com

Pada faktanya, memang Xiaomi memiliki hubungan atau kerja sama strategis bisnis dengan beberapa vendor teknologi.

Salah satu contohnya, adanya kedekatan hubungan antara Xiaomi dengan Qualcomm, bisa membuat Xiaomi mendapatkan stok banyak processor dari Qualcomm dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Hal ini tentu memiliki imbas positif, di mana apabila berhasil mendapat processor dengan lebih murah, maka harga jual dari smartphone itu sendiri juga lebih terjangkau oleh para calon konsumen.

Inilah salah satu alasan mengapa harga HP Xiaomi jauh lebih murah dibandingkan dengan merk lain di kelasnya.

9. Kustomisasi Home Screen yang Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kelebihan dari Xiaomi ialah dengan memiliki theme manager, yang mana bisa dihadapkan dengan fitur kustomisasi dengan cukup lengkap.

Di dalam fitur yang tersedia ini, kalian bisa memilih tampilan icon, font, hingga lock style dan masih banyak lagi yang lain yang masih bisa digunakan sesuai hati atau sesuai selera.

Tak hanya itu saja, kalian juga mampu mengubah gaya sesuai dengan selera, seperti :
  • Mengubah tampilan gaya pesan singkat (SMS)
  • Boot animation
  • Boot audio
  • Tampilan dial pad sesuai selera
  • dan masih banyak lagi yang lain

Pilihan editor :

10. Kenyamanan dalam Penggunaan

Di saat kita menggunakan atau memegang smartphone Xiaomi, terkadang memilki rasa atau sensasi tersendiri perihal kenyamanan.

Saat smartphone Xiaomi berada dalam genggaman tangan, cukup enak untuk digenggam dan bahkan pas saat dimasukkan ke dalam saku celana.

Akan tetapi, biasanya smartphone Xiaomi ini agak licin, jadi membutuhkan bantuan dari aksesoris tambahan lain, seperti softcase yang sangat berguna.

11. Touchscreen yang Mudah Dioperasikan

Kelebihan Xiaomi dibanding HP lain juga ternyata terdapat di masalah touchscreen (layar sentuh).

Pernah saya membandingkan untuk Xiaomi, touchscreen yang licin dan lancar, sehingga mampu menggerakkan alir dengan sempurna tanpa ada gangguan.

Ada juga beberapa vendor smartphone lain di mana memiliki touchscreen kasar di kelas yang sama, sehingga menyulitkan para pengguna untuk menggulirkan layar. (Lihat juga : Ternyata Ini Biang Keroknya! 14 Penyebab Touchscreen Smartphone Rusak)

12. Soal Kamera, Berani Diadu!

Hasil Kamera Xiaomi Mi A1
Hasil Kamera Xiaomi Mi A1, via mi.com

Seperti yang sudah dijelaskan di beberapa poin di atas, Xiaomi menggunakan perangkat keras (hardware) yang berkualitas tinggi, tak terkecuali menyoal kamera.

Entah itu Xiaomi yang versi low-range, mid-range atau bahkan high-end, Xiaomi pasti memiliki kamera yang luar biasa. Di mana untuk low-range memiliki resolusi kamera tinggi dan untuk high-end sudah mengadopsi fitur bokeh.

Bahkan, salah satu contoh pada smartphone low-range, yakni Xiaomi Redmi 2, dengan harga Rp 1 jutaan atau bahkan kurang, bisa mendapatkan hasil foto yang menakjubkan dan bisa merekam video hingga resolusi 1080p, wow!

Sementara itu, pada smartphone kelas atas milik Xiaomi, yaitu Xiaomi Mi 5, bahkan sudah mendukung Optical Image Stabilizer, yang hanya bisa kalian dapatkan di smartphone mahal, seperti iPhone 5S, iPhone 6S, LG G4 dan yang lain sebagainya yang memiliki harga lebih dari Rp 5 juta!
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search