(Ulasan Lengkap) Pengertian CLI dan Pembahasannya

- Juni 27, 2018
advertise here
Komputer atau laptop yang sedang kamu gunakan memiliki interface atau dalam bahasa Indonesia dinamakan dengan antarmuka.

Antarmuka atau interface mempunyai fungsi penting, sebagai salah satu perantara antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga keduanya (pengguna dan sistem operasi) bisa saling berhubungan satu sama lain dengan sebagaimana mestinya.

Tanpa adanya antarmuka, maka perangkat elektronik yang kamu gunakan tak bisa dijalankan. Masukan (input) juga tak akan terlihat, atau bahkan hanya terdapat barisan kode yang begitu sulit untuk dimengerti.

Sementara itu, ada 2 jenis atau macam dari antarmuka itu sendiri, yaitu :

Pada umumnya, sistem operasi pada perangkat elektronik yang kamu gunakan akan menggunakan salah satu dari 2 macam antarmuka yang tersedia di atas. Sementara itu, antara yang satu dengan yang lain tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Lalu, apa pengertian CLI (Command Line Interface)? Apa saja contoh dari CLI itu sendiri? Yuk kita simak secara bersama-sama!

Pengertian CLI (Command Line Interface)

CLI (Command Line Interface)
CLI (Command Line Interface), via nexmo.com

CLI (Command Line Interface), dalam bahasa Indonesia : antarmuka baris perintah, merupakan mekanisme interaksi dengan sistem operasi atau perangkat lunak komputer, dengan cara mengetikkan perintah dalam menjalankan tugas tertentu.

Konsep CLI dimulai pada saat teletypewriter machine (TTY) dihubungkan ke komputer pada dasawarsa 1950an dan terus mengalami perkembangan bersama dengan sistem berbasis GUI, seperti Microsoft Windows, macOS dan X Window System.

Selain mempunyai definisi antarmuka perintah, konsep CLI juga dikenal sebagai baris perintah antarmuka pengguna, antarmuka pengguna konsol, antarmuka karakter pengguna (CUI/Character User Interface)

Fungsi atau Kegunaan CLI

CLI memiliki fungsi sebagai sarana interaksi yang terjadi antara pengguna komputer dengan program komputer, yang di mana penggunaannya dengan perintah dalam menjalankan program bentuk garis berurutan dari teks.

Antarmuka yang dianut oleh CLI biasanya diterapkan dengan baris perintah shell, yang menjadi program di mana menerima perintah masukan teks dan selanjutnya dikonversi menjadi perintah untuk menjalankan fungsi sistem operasi yang sesuai.

Penggunaan CLI di Era Modernisasi

Saat ini, penerapan dari CLI di komputer personal bisa dikatakan sudah sangat jarang. Hal ini karena salah satu alasannya banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan GUI (Graphical User Interface).

Karena memang pada nyatanya, GUI diklaim lebih mantap dan lebih mudah dipergunakan karena berbasis antarmuka grafis, tinggal klik klik dan jadi.

Beda halnya dengan CLI, di mana hanya menggunakan tampilan atau antarmuka baris perintah dengan desain ala kadarnya, di mana pengguna harus mengetikkan perintah terlebih dahulu jika akan melakukan sesuatu.

Walaupun jarang digunakan, jangan sesekali menganggap komputer dengan CLI tak berguna.

Padahal, komputer dengan menggunakan antarmuka CLI sering dipergunakan oleh pengguna professional untuk kebutuhan tertentu, seperti :
  • Mengelola dan mengurus server jaringan
  • Web hosting
  • Keperluan administrasi
  • Keamanan

Contoh Sistem Operasi CLI

CLI (Command Line Interface)
CLI (Command Line Interface), via modernlife.network

  • MS DOS
  • Linux berbasis text
  • Debian
  • Ubuntu Server

Kelebihan dan Kekurangan CLI

Kelebihan CLI

  1. Memiliki kemampuan lebih yang tak bisa dilakukan oleh GUI, terutama dalam hal web server, dan lain sebagainya
  2. Ringan digunakan
  3. Tak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi
  4. Terkesan lebih professional daripada GUI

Kekurangan CLI

  1. Ribet dipergunakkan karena harus selalu mengetikkan perintah
  2. Harus paham perintah yang akan dimasukkan agar program berjalan
  3. Tampilan yang cukup membingungkan
  4. Tampilan yang kurang menarik

Perbandingan dengan GUI

Dibandingkan dengan GUI, CLI membutuhkan sumber daya sistem yang jauh lebih sedikit untuk diterapkan. Riwayat baris yang sebelumnya ditulis bisa disimpan, sehingga memungkinkan adanya peninjauan atau pengulangan perintah.

Penggunaan dari CLI mungkin membutuhkan panduan atau referensi lebih lanjut, untuk mengetahui opsi-opsi perintah yang akan dijalankan, karena CLI memiliki perintah yang begitu banyak.

Bisa dikatakan sulit bagi pengguna baru untuk mencoba memulai dengan semua perintah dan segala bentuk opsi yang tersedia, dibandingkan dengan penggunaan grafis.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search