Apa Sih Pentingnya RAM pada Smartphone?

- Juli 13, 2018
advertise here
RAM singkatan dari Random Access Memory, yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan atau memori yang mempunyai sifat sementara saja. Sementara itu, RAM saat ini diukur berdasarkan dengan kapasitas GB.

Pada dasarnya, RAM merupakan memori yang di dalamnya berisikan mengenai data-data aplikasi yang dijalankan oleh para penggunanya, entah itu pada smartphone ataupun pada komputer.

Karena memang RAM mempunyai sifat sementara saja, maka data yang ada di dalam RAM, tentunya akan hilang, apabila perangkat atau smartphone volatile (kondisi off), di mana dengan hal tersebut, berarti data yang ada pada RAM tak ditulis secara permanen.

Data-data yang tersimpan di dalam RAM akan hilang, apabila kita mematikan smartphone atau me-restart smartphone. Jika ingin mengetahui secara lebih jelas, bisa melihat pengertian RAM dan ROM di HP/smartphone.

Lantas, yang menjadi salah satu pertanyaan saat ini, apakah benar RAM itu penting di perangkat elektronik semacam smartphone? Seperti apa sih pentingnya RAM pada smartphone?

Pentingnya RAM pada Smartphone

Pentingnya RAM pada Smartphone
Pentingnya RAM pada Smartphone, via techspot.com

RAM mempunyai fungsi seperti sebuah jembatan, di mana akan melalukan suatu kodefikasi aplikasi yang mana sering dipergunakan dan tengah dipergunakan oleh penggunanya. Pada RAM itu sendiri, data akan ditulis dan dihapus setiap saat.

Data yang penting bagi sebuah aplikasi, tentu membuatnya menjadi jauh lebih mudah diakses apabila RAM dilakukan write-read oleh operating system (sistem operasi) yang bekerja.

Maka, semakin besar RAM tersebut, maka semakin luas juga file data yang mampu diakses dan disimpan. RAM cenderung mempunyai kapasitas kecil, tak menyamai ROM, misal :
  • 1 GB
  • 2 GB
  • 4 GB
  • 6 GB
  • 8 GB

Yang mana file data yang terlampau besar, nantinya akan dihapus pada saat smartphone dilakukan reboot atau restart.

Maka, tak mengherankan apabila smartphone dengan mempunyai kapasitas RAM yang kecil, sekitar 2 GB ke bawah (512 MB dan 1 GB), sering terjadi lola (loading lambat/loading lama) pada detik awal setelah proses dilakukan reboot. Hal ini terjadi karena RAM akan kembali menulis data file.

Lantas, Benarkah RAM pada Smartphone itu Penting?

Tentu! Dengan semakin besar kapasitas dari RAM smartphone yang dimiliki, maka kian optimal juga performa yang diberikan.

Dengan kian majemuknya processor, seperti 64 bit dengan menggunakan octa-core, tentu aplikasi bisa jauh lebih besar memakan memori pada RAM.

Tidak hanya itu saja, perlu diketahui sekilas, apabila aplikasi media sosial, seperti halnya WhatsApp, mampu memakan memori pada RAM hingga lebih dari 100 MB.

Bahkan, seperti yang saya lihat, untuk browser saja seperti Google Chrome, mampu memakan hingga total ratusan MB lebih.

Belum lagi apabila ditambah dengan game yang berat, seperti Arena of Valor, Clash of Clans, Mobile Legends, dan lain-lain yang mampu memakan RAM hingga 1 GB per game tersebut!

Ibaratnya, kian halus grafik 3D, maka RAM yang dipergunakan juga kian besar. Belum lagi dengan adanya tambahan suara, tekstur, hingga efek yang lain mampu membebani RAM tersebut.

Maka, idealnya, bisa dikatakan jika dengan semakin besar RAM yang dimiliki pada smartphone, maka kian bagus juga performa yang diberikan.

Berapakah RAM yang Paling Ideal?

RAM yang Ideal
RAM yang Ideal, via prelo.com

Bagi Anda yang gemar bermain game dengan menggunakan smartphone, tentu dengan menggunakan RAM 2 GB, 1 GB, atau bahkan 512 MB sama sekali tak cukup dalam menunjang aktivitas atau kegiatan Anda dalam bermain game.

Dengan ukuran yang kecil tersebut, dijamin setiap waktu, game akan lag. Tak hanya itu saja, bisa muncul notifikasi jika memori hampir habis pada saat Anda tengah memainkan game.

Sementara itu, untuk yang gemar bermain media sosial, edit foto dan yang lain sebagainya, dengan menggunakan RAM 4 GB, dinilai terlalu besar dan berlebih, atau lebih dari cukup.

Mengapa? Karena aplikasi media sosial tak akan memakan banyak RAM, hingga 4 GB banyaknya. Lantas, yang menjadi pertanyaan yang kadang muncul di benak kita, berapa RAM yang paling ideal yang dibutuhkan oleh pengguna?

Bisa diungkap jika RAM yang paling ideal yang paling minimal pada smartphone cukup 2 GB saja. Dengan RAM 2 GB ini, Anda bisa menyisipkan berbagai macam aplikasi dan game, seperti :
  • Instagram
  • WhatsApp
  • VSCO
  • PicsArt
  • Mobile Legends
  • dan yang lain sebagainya

Masih cukup apabila penggunaan RAM sebesar 2 GB tersebut pada smartphone Anda.

Sementara itu, untuk Anda yang memang fanatik atau suka dengan game, terlebih game yang memiliki grafis tinggi, kualitas tinggi, kemungkinan Anda harus mempertingkan saat membeli smartphone baru, dengan minimal RAM yang dipergunakan adalah 4 GB.

Bagaimana dengan RAM Pas-pasan?

Beberapa vendor smartphone sudah mengakali hal tersebut.

Karena memang aplikasi yang berjalan di belakang layar itu membutuhkan space RAM, maka, terkadang ada smartphone yang sudah mempunyai fitur automatic shut down.

Semisal, ada sebanyak 3 atau 4 aplikasi yang dibuka oleh para pengguna, maka secara otomatis, aplikasi tersebut akan dimatikan secara paksa saat smartphone kondisi mati (tidak menyala).

Hal ini dipilih dan dilakukan, lantaran terbatasnya kapasitas RAM.

Akan tetapi, apabila dengan RAM yang besar, maka cara kerja yang seperti ini tak lagi dibutuhkan, karena sudah memiliki ruang yang cukup dalam menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Bolehkah Jika RAM Besar, Tapi Tak untuk Aplikasi dan Game Berat?

Tentu saja boleh! Sangat boleh! Lihat lagi seperti pada artikel di atas, pada dasarnya, semakin besar RAM yang dipunyai pada suatu smartphone, maka kinerja pada smartphone juga jauh lebih cepat dan lebih optimal.

Dengan RAM yang sebesar itu, walau hanya dipergunakan untuk aplikasi standar seperti browser, aplikasi edit foto dan video, aplikasi edukasi, game dan yang lain sebagainya, dengan ukuran RAM besar, tentu sangat diperbolehkan dan tak akan membuat berat smartphone Anda.

Yang terpenting, dalam memainkan atau mengunduh aplikasi di smartphone, jangan pernah melebihi atau bahkan membebabni RAM yang ada pada smartphone, karena tentu saja kinerjanya melambat karena banyaknya aplikasi yang digunakan, yang mampu membuat smartphone menjadi lebih lelet.

Terakhir, Apa Keuntungan Mmempunyai RAM Besar?

Smartphone yang Digunakan untuk Media Sosial
Smartphone yang Digunakan untuk Media Sosial, via dailydot.com

Keuntungan atau kelebihan apabila smartphone mempunyai kapasitas RAM yang besar, di mana para penggunanya bisa dengan mudah untuk mendapatkan sensasi memainkan smartphone secara lebih halus, lebih leluasa dan lebih nyaman.

Aplikasi yang dijalankan oleh pengguna juga tak perlu disimpan di dalam 'gudang', melainkan akan tetap dibiarkan berjalan di belakang layar.

Sehingga, pada saat pindah aplikasi, maka bisa dilakukan dengan jauh lebih cepat, di mana RAM yang tersedia sudah lebih cukup alias memadai.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search