Mantap Jiwa! 6 Kentungan Memiliki RAM Besar pada Smartphone

- Juli 16, 2018
advertise here
Kian besar RAM, maka HP atau smartphone mampu berjalan dengan lebih baik lagi dan lebih optimal. Hal ini menjadi salah satu kelebihan atau keuntungan dengan bisa memiliki RAM besar pada perangkat elektronik.

Perkembangan teknologi smartphone memang telah berubah dengan begitu pesarnya. Salah satu hal yang berkaitan terhadap perkembangan smartphone saat ini ialah dengan adanya kapasitas RAM yang besar, di mana disematkan dalam suatu smartphone.

Apabila kita mampu melihat dan melirik smartphone yang beredar dan diperjualbelikan di pasaran, maka akan muncul berbagai macam smartphone yang tersedia.

Sementara itu, kadang yang menjadi pertanyaan di benak kita, apa gunanya membeli smartphone mahal-mahal hanya untuk mengincar RAM besar? Apa keuntungan memiliki RAM besar pada HP atau smartphone?

Keuntungan Memiliki RAM Besar pada Smartphone

Keuntungan Memiliki RAM Besar pada Smartphone
Smartphone, via samsung.com

1. Kinerja Smartphone Jauh Lebih Optimal

Kita tahu, untuk sekarang ini, kebutuhan pengguna terhadap smartphone tak lagi seperti dahulu, yang mana dahulu hanya dipergunakan untuk mengirimkan pesan singkat, atau mungkin hanya untuk telepon saja.

Sekarang ini, ekosistem baru telah hadir pada smartphone, di mana tak hanya pesan singkat dan telepon saja, melainkan para pengguna sudah bisa menjelajah dunia melalui internet, berselfie ria, hingga bermain video game berkualitas tinggi.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang kian melesat inilah, mampu membuat para developer atau pengembang smartphone lebih memilih maju, dibandingkan harus jalan di tempat. Para pengembang berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan pengalaman pengguna terhadap perangkat elektronik yang mereka buat.

Contohnya dengan penggunaan layar yang besar, mencapai hingga 5,5 inch atau bahkan lebih. Spesifikasi yang diandalkan juga jauh lebih mumpuni, hingga menyoal mengenai daya baterai smartphone yang jauh lebih efisien atau lebih hemat.

Semua yang diberikan oleh produsen smartphone tersebut, bukanlah tanpa adanya tujuan. Hal tersebut guna menyesuaikan kebutuhan, sesuai dengan perkembangan pangsa pasar dan tentunya keinginan serta kebutuhan dari para konsumen.

Maka dari itu, bisa dikatakan jika dengan menggunakan RAM besar pada suatu smartphone, mempunyai dampak yang begitu positif dalam meningkatkan kinerja smartphone jauh lebih baik, stabil dan optimal.

Tentu saja hal tersebut searah dengan kebutuhan pengguna yang menginginkan akan perangkat mereka yang bisa digunakan dengan lebih cepat dan jauh lebih efisien lagi.

2. Mampu Mendukung Ultra HD

Dengan berbekal RAM yang begitu besar, juga bisa menjadi salah satu jaminan yang apik untuk mendukung berbagai macam perbaikan perangkat yang jauh lebih baik lagi ke depannya.

Bahkan, dengan berbekal RAM berkapasitas besar, ternyata banyak smartphone yang dijual di pasaran kini mampu memfilmkan hasilnya dengan kualitas Full HD.

Akan tetapi, untuk versi baru seperti yang ada di Samsung Galaxy Note 4, ternyata bisa diputar dengan Ultra HD! Wow! Begitu menarik bukan?

Setidaknya, peran dari RAM di sini memanglah penting dan tak bisa disepelekan begitu saja. Karenanya, RAM mampu menggabungkan capture Ultra HD, performa berkelas yang super tinggi, kemampuan multitasking, hingga performa smartphone yang semakin meningkat.

3. Kemampuan Multitasking Lebih Mumpuni

Dengan memiliki kapasitas  RAM yang besar, tentu bisa membantu kinerja dari processor untuk bisa bekerja atau berjalan dengan jauh lebih baik lagi, terutama dalam hal multitasking.

Pengaruh yang baik dalam multitasking ini, sehingga berganti terhadap aplikasi yang satu ke aplikasi yang lain, tanpa ada masalah atau beban, karena bisa berjalan dengan begitu lancar dan performa lebih meningkat.

4. Bisa Dipergunakan untuk Menyimpan Aplikasi Besar

Setiap orang membeli smartphone pasti memiliki tujuannya tertentu. Seperti untuk :
  • Sarana komunikasi
  • Sarana foto
  • Sarana bermain game
  • Sarana untuk membantu pekerjaan
  • Sarana untuk berinternet/bermedia sosial
  • dan lain sebagainya

Ternyata, ada baberapa pengguna yang ingin memasang atau menggunakan aplikasi besar di smartphone-nya. Nah, di sinilah peran penting dari smartphone dengan menggunakan RAM yang besar.

Apabila RAM tidak memenuhi kapasitas dari aplikasi yang akan diinstall oleh pengguna tersebut, maka aplikasi tersebut sama sekali tak akan bisa dibuka atau dijalankan apabila sudah selesai diinstall. Bisa dibilang, instalasi kamu yang bisa dikatakan bergiga-giga, akan sia-sia jika tak bisa dijalankan.

5. Mempercepat Kinerja Pemrosesan Informasi

Keuntungan memiliki RAM besar pada smartphone yang selanjutnya ternyata juga mampu mempercepat kinerja pemrosesan informasi. Semakin besar kapasitas RAM, maka kian cepat pula pemrosesan informasi yang dilakukan oleh processor.

Hal tersebut berarti kecepatan dari suatu sistem smartphone begitu ditentukan oleh adanya besaran dari kapasitas RAM yang ada. Karena dengan RAM berkapasitas besar, maka proses penyimpanan dan penerusan memori dari RAM menuju ke processor akan lancar, alias tak akan terhambat.

Hal ini juga yang menjadi salah satu peran penting dari RAM, di mana tak akan membuat smartphone menjadi lemot karena terlalu berat dalam bekerja.

Begitu juga sebaliknya, apabila smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil, maka bekerja menjadi jauh lebih terbatas dalam penggunaan aplikasi, karena memang kemampuan dari memori tersebut terbatas.

6. Meningkatkan Daya Tahan Baterai

Yang ditunggu-tunggu selanjutnya, ini menjadi kabar baik bagi para pengguna yang mempunyai smartphone dengan kapasitas RAM besar. RAM besar dan dengan dikombinasikan terhadap komponen yang berkualitas juga ternyata amat sangat membantu.

Hal inilah yang mampu membuat daya tahan baterai jadi jauh lebih tahan lama, lebih efisien dan masih banyak lagi keuntungan yang lain yang bisa didapat.

Tak henti-hentinya, RAM besar yang dibarengi juga dengan processor mumpuni, bisa menunjukkan kinerja yang jauh lebih impresif, bahkan bisa menghemat daya baterai hingga 40% lebih hemat!


Apa Saja yang Bisa Dilakukan dengan RAM Besar?

Bermain Video Games
Bermain Video Games, via recode.id

Yang pasti, pengguna mampu melakukan berbagai macam olahan terkait smartphone yang dimiliki dengan jauh lebih baik dan optimal, dibandingkan hanya mempunyai RAM berkapasitas kecil.

RAM yang besar juga bisa menunjang kebutuhan penting harian dari pengguna, seperti halnya :
  • Bermain game berat
  • Menonton video dengan kualitas yang tinggi
  • Multitasking terasa lebih sempurna
  • Grafis berkualitas tinggi
  • Lebih hemat daya
  • dan yang lain sebagainya

Hampir semua yang ada di atas tersebut membutuhkan alokasi kapasitas RAM yang besar, untuk bisa menampung dan menjalankan segala perintah dari pengguna dengan baik.

Sementara itu, apabila smartphone berkapasitas kecil, kemungkinan besar, kamu akan menemukan banyak kelemahan, seperti halnya :
  • Smartphone gampang lelet
  • Grafis yang diberikan rendah
  • Terkadang, membuat lag
  • dan lain sebagainya

Jadi, setelah membaca artikel ini, akankah kalian beralih ke smartphone dengan RAM berkapasitas besar, atau tetap teguh dengan pendirian yang sekarang jika RAM itu tidak penting?
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search