(Terjamin) Cara Membersihkan Layar Sentuh Smartphone

- Juni 21, 2018
advertise here
Smartphone android ataupun iPhone layar sentuh (touchscreen) menjadi salah satu benda dari perangkat elektronik yang cukup banyak mengandung kuman.

Mengapa bisa? Karena smartphone tersebut sering disentuh, di mana kita sendiri tak tahu akan kesehatan pada tangan dan jari-jari kita. Maka, perlu dilakukan pembersihan agar tetap nyaman dipergunakan.

Seperti yang kita ketahui, saat smartphone ditinggal dalam beberapa jam saja, terlihat sudah begitu banyak debu dan kotoran yang menempel pada layar sentuh smartphone tersebut. Begitu terlihat jelas apabila Anda detail.

Maka, direkomendasikan untuk membersihkan smartphone layar sentuh sekarang juga. Berikut ini cara yang aman, baik dan benar yang bisa dilakukan mulai dari sekarang juga.

Perlengkapan Membersihkan Telepon Genggam

  • Kain lembut atau microfiber. Hindari adanya penggunaan dari tisu, karena ternyata bisa menggores layar yang begitu sensitif.
  • Semangkuk beras kering atau 1 pak gel silika.
  • Air murni hasil dari penyulingan di dalam botol semprot. Agar bisa bekerja secara lebih baik lagi, bisa campurkan air tersebut dengan menggunakan cuka.
  • Kapas yang bertangkai.
  • Sekaleng udara bertekanan tinggi apabila tersedia.

Cara Membersihkan Layar Sentuh Smartphone

Cara Membersihkan Layar Sentuh Smartphone
Cara Membersihkan Layar Sentuh Smartphone, via blog.rewatechnology.com

  1. Terlebih dahulu untuk mematikan smartphone dan lepas baterai jika memungkinkan dan bersifat removable. Langkah ini sendiri bisa memperkecil resiko terjadinya kerusakan, apabila Anda tak sengaja membasahi perangkat elektronik tersebut.
  2. Secara perlahan, layar diseka dengan menggunakan kain microfiber yang kering, guna menghilangkan berbagai bekas-bekas sentuhan.
  3. Sementara itu, untuk kotoran yang membandel, cobalah untuk semprotkan sedikit air murni hasil dari penyulingan pada kain lap guna mengelap layar. Apabila cara ini sendiri tak berhasil, cobalah untuk menggunakan sedikit cairan pembersih layar sentuh yang sudah Anda siapkan (campuran dari air murni dan cuka dengan menggunakan takaran yang sebanding).
  4. Lap adanya kelebihan cairan tersebut dengan menggunakan microfiber yang kering, dan biarkan smartphone kering secara alami.
  5. Jangan nyalakan atau hidupkan smartphone, sebelum benar-benar kering.

Cara Merawat Layar Sentuh Smartphone

  • Jangan pernah menggunakan produk pembersih smartphone yang berbentuk cair saat membersihkan smartphone. Anda sebisa mungkin disarankan untuk menghindari penggunaan cairan, karena ternyata bisa merusak secara permanen apabila mengenai komponen elektroniknya. Apabila Anda sendiri tak sengaja membasahinya, cobalah untuk timbun di dalam tumpukan beras yang kering atau dengan menggunakan gel silika untuk bisa menyerap kelembapan yang terjadi. (Baca juga : Gampang! 16 Cara Ini Ajarkan Kamu Bagaimana Merawat Touchscreen Smartphone dengan Baik dan Benar)
  • Selalu matikan smartphone Anda sebelum dibersihkan, demi meminimalisir terjadinya resiko.
  • Jangan gunakan hairdryer saat mengeringkan smartphone yang terkena oleh air. Perangkat elektronik mobile ini berisikan begitu banyak komponen yang gampang rusak apabila terkena oleh panas.

Poin-poin Penting

Kain Microfiber
Kain Microfiber, via tokokomputer007.com

  • Jika Anda tidak memiliki kain microfiber, cukup gunakan kain katun atau ujung dari pakaian.
  • Anda bisa membeli paket pembersih layar, yang pada umumnya menyertakan lap antistatik. Akan tetapi, kadang harga paket ini terlampau mahal dan telitilah sebelum membeli.
  • Bersihkan juga lap pembersih layar sentuh tersebut secara berkala. Cuci lap guna menghilangkan kumpulan noda yang menempel di layar smartphone.
  • Janganlah terlalu banyak dalam menggunakan cairan saat membersihkan layar sentuh smartphone.
  • Hindari penggunaan pengering rambut dalam rangka mempercepat proses pengeringan.
  • Apabila masih ragu-ragu bagaimana cara membersihkannya, cobalah untuk melihat buku panduan atau hubungi produsen smartphone Anda.
  • Tidak disarankan untuk menekan layar terlalu keras saat sedang dibersihkan, guna menghindari kerusakan pada layar. (Baca juga : Ini Biang Keroknya! 14 Penyebab Touchscreen Rusak (Tidak Berfungsi))
  • Hindari penggunaan pembersih abrasif untuk membersihkan layar sentuh.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search